Iklan Digital, Promosi Tepat di Masa Pandemi Corona

Penurunan ekonomi pada masa Pandemi virus Corona (COVID-19) menyebabkan banyak bidang usaha terkena dampak seperti, penutupan bisnis konvensional, penurunan omzet, dan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Bisnis jasa iklan (periklanan), media maupun rekanan media seperti advertising agency (biro iklan) juga menghadapi badai pandemi COVID-19.

Beberapa brand terpaksa mengurangi buget iklan dan promosi untuk mengatur arus kas perusahaan agar bisa aman melewati krisis ini. Kondisi ini membuat media massa, terutama media cetak seperti koran dan majalah mengalami dampak yang sangat luar biasa.

Pasang Iklan Digital atau Iklan Online Tetap Diminati sebagai Investasi

Kanal iklan digital atau iklan online tidak mengalami penurunan drastis, berbeda dengan media cetak. Hal itu dikarenakan masih banyak orang yang mengakses kanal digital dari PC maupun smartphone selama di rumah. Ini bisa kita amati dari tetap banyaknya iklan yang muncul di media online portal berita ternama maupun ketika berselancar di dunia maya, media sosial.

Seperti dikutip dari Detik Kebanyakan orang cenderung tetap rutin melihat update informasi berita terkini dan juga mengakses hiburan dari portal berita ternama maupun aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram dan YouTube via smartphone. Tren pasang iklan digital di media online memang semakin berkembang, terus bertumbuh peminatnya, baik pengiklan dari perusahaan besar maupun pelaku UMKM.

Bagi seorang pebisnis dan pelaku usaha, iklan adalah salah satu jenis investasi berharga. Iklan akan menjadi investasi yang efektif jika dipasang di media yang tepat.

Apakah perusahaanmu sudah mengalokasikan bujet untuk beriklan di media online & digital yang tepat sasaran supaya bermanfaat untuk perusahaan secara jangka panjang?

Jika kamu memasang iklan di media online, kamu sudah memilih jalur yang tepat. Tinggal diteruskan dan dievaluasi berkala dari segi konten iklan serta pemilihan media iklan, agar bisa semakin tertarget dan mendapatkan manfaat yang sesuai harapan.

Banyak Brand memilih Jenis Iklan Digital / Online ini.

Ada beragam jenis iklan digital/online, di antaranya iklan banner (iklan dengan ilustrasi gambar dan sedikit tulisan) dengan berbagai ukuran dan pilihan posisi iklan di platform yang digunakan. Ketika pembaca meng-klik banner tersebut akan diarahkan ke website perusahaan atau ke artikel media online, untuk mengetahui lebih jelas tentang apa pesan atau informasi yang ingin disampaikan.

Di samping itu, ada juga iklan jenis content marketing berupa advertorial, yakni iklan dengan komposisi utama berupa tulisan yang lebih detail disertai beberapa foto, yang mana bisa dikemas secara soft selling maupun hard selling. Penempatan iklan content marketing ini bisa sesuai dengan tujuan promosi, target yang dibidik. serta disesuaikan dengan budget iklan yang ada.

Perusahaan bisa memilih posisi premium untuk tampil di bagian headline atau welcome page (home page) suatu portal berita ternama atau di kanal spesifik lainnya misalnya kanal berita, ekonomi, internasional, travel, hiburan, kesehatan, dan lainnya. Kanal yang tersedia pada setiap portal berita akan berbeda-beda.

Dengan sering tayangnya iklan di media online, diyakini akan membuat brand semakin dekat dengan masyarakat zaman sekarang, yang memang tidak lepas dari yang ranah digital atau online. Pesan iklan bisa masuk ke dalam alam bawah sadar bagi yang sering melihatnya, terutama iklan yang sering dilihat dan dikemas secara menarik serta unik. Besar kemungkinan orang bisa mengingat brand ketika suatu saat butuh produk / jasa yang berkaitan dengan perusahaanmu. Dengan begitu, calon konsumen akan lebih mudah mengingat dan menjatuhkan pilihan ke brand kamu.

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *